pembinaan-statistik--koordinasi-terhadap-instansi-pemerintah-di-bidang-statistik-melalui-statistical-capacity-building
Pembinaan Statistik dan Koordinasi melalui "Statistical Capacity Building".

 Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) merupakan dinas pertama oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Utara yang didatangi dalam rangka pembinaan statistik dan koordinasi terhadap Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui "Statistical Capacity Building" Proyek Perubahan Kepala BPS Kabupaten Barito Utara dalam rangka Diklatpim III.

Kepala Diskominfosandi, M. Iman Topik, SIP, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada BPS Kabupaten Barito Utara yang telah mengadakan pembinaan statistik untuk dinas-dinas di Kabupaten Barito Utara. Diskominfosandi adalah sebuah lembaga yang baru berdiri bulan Januari Tahun 2017, dengan adanya pembinaan statistik dari BPS akan menambah ilmu dan wawasan para pegawai yang mana tidak semua pegawai berlatar belakang ilmu statistik.

 

Terlebih lagi salah satu bidang pada Diskominfosandi terdapat urusan yang membidangi tentang statistik dan sesuai dengan ketentuan bahwa seluruh urusan statistik sektoral kabupaten berada dalam kewenangan Diskominfosandi. M. Iman Topik juga berharap kedepannya akan mendapat output berupa data-data yang baik sehingga dapat terjalin kerjasama antara BPS dan Diskominfosandi terkhususnya dalam hal bidang statistik guna membangun kabupaten Barito utara.

Kepala Bps Kabupaten Barito Utara , Ahmad Nasrullah, S.ST menyampaikan rasa terima kasih atas antusias dari Diskominfosandi yang turut berpartisipasi dalam proyek perubahan yang dilaksanakan. Ahmad menjelaskan bahwa BPS merupakan sumber data resmi negara dimana data-data yang dikeluarkan BPS seperti data kependudukan, angkatan kerja, perekonomian dan lain sebagainya. BPS Kabupaten Barito Utara dalam setiap bulan selalu rutin melakukan survei-survei ke seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara untuk mendapatkan data yang akurat. Kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BPS dalam waktu dekat ini adalah Pendataan Potensi Desa (PODES) yakni pendataan semua desa/kelurahan di bulan Mei 2018 dan SUTAS (Survei pertanian antar sensus) pada bulan Mei-Juni 2018. Disamping Kepala BPS, disampaikan materi mengenai Penguatan Penyelenggaraan Kegiatan Statistik oleh Kasi IPDS dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai indikator-indikator BPS yang disampaikan oleh Kasi dan Penanggung Jawab Seksi

Selain pemberian paparan, BPS Kabupaten Barito Utara juga memberikan Modul Statistik Dasar yang disusun oleh Tim Proyek Perubahan BPS Kabupaten Barito Utara.

Pelaksanaan Proyek Perubahan "Statistical Capacity Building" diikuti oleh pegawai lingkup Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian. (Diskominfosandi2018)

Belum ada komentar

Form Komentar
berita online