temu-bloger-dan-media-bersama-menteri-kominfo-rudiantara-sstat-mba
Temu Bloger dan Media Bersama Menteri Kominfo Rudiantara S.Stat. MBA

Palangka Raya, 12 Mei 2018. Temu Bloger dan Media dengan Tema “Tahun Politik; Bagaimana Harus Bersikap?” Bersama Menteri Kominfo Rudiantara S.Stat. MBA diadakan di Rollas Coffe and tea, Palangka Raya pada hari sabtu, 12 mei 2018.

Dalam sambutannya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti, MSi, menyampaikan bahwa pengguna sosial media dindonesia sebanyak 85% dari jumlah penduduk indonesia. Dari hasil data komposisi pengguna internet berdasar usia tahun 2017 yaitu, 4,24% >54 tahun, 29,55% antara 35-54 tahun, 49% antara 13-18 tahun, dan rata2 orang Indonesia mengakses internet rata-rata 8-11 jam per hari. Hal ini tentunya berbanding terbalik dengan minat baca yang berada diperingkat 60 dari 61 negara. Rosarita Niken widiastuti juga mengatan bahwa dengan kemajuan era globalisasi ini tentunya kita tidak luput dari berita hoak yang dimana dengan cepat dan mudahnya ada pihak-pihak yang ingin menjatuhkan atau bahkan mencari keuntungan dengan membuat hoaks. Bentuk hoax yang paling sering diterima yaitu 62,10% dari tulisan, 37,50% dari gambar, dan 0,40% dari video. Agar berita hoax ini dapat diminimalisir dan kita tindak sesuai dengan uu yang berlaku perlu peran dari Bloger-bloger, media-media dan peran serta masyarakat dalam bersinergi dengan pihak-pihak atau institusi yang terkait, sehingga kedepannya Indonesia menjadi negara dengan tingkat hoax terendah bahkan bebas hoax.

Dalam sambutannya Mentri Kominfo RI, Rudiantara S.Stat. MBA, mengatakan dalam kemajuan era teknologi sekarang ini, orang dapat dengan mudahnya mengakses media terutama media online. Kemajuan teknologi, mengakibatkan masyarakat terus menuntut kemudahan akan akses informasi baik dari pusat maupun daerah. Media center merupakan sarana yang paling tepat untuk penyebaran informasi kepada publik. Dengan demikian, pengelola media center harus memiliki kemampuan jurnalistik yang baik sehingga informasi yang disampaikan kepada publik mudah difahami dan bermanfaat buat mereka.

 


Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis. Selain itu blogger merupakan sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan dengan kesamaan tertentu, misal : kesamaan daerah, kesamaan sekolah, kesamaan hobi, dan kesamaan lainnya. Untuk bisa bergabung dengan sebuah komunitas blogger biasanya ada syarat tertentu misalnya berasal dari daerah tertentu. Dan blogger ini bisa diartikan orang yang suka menulis artikel pada blog. Nah maka dari itu peran para blogger atau netizen untuk setidaknya bisa mengimbangi pemberitaan yang keliru (hoax) atau memberikan pencerahan secara mendalam tentang situasi dan kondisi saat ini. Rudiantara berharap agar peran para blogger dan media dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memberantas hoax serta meningkatkan kualitas informasi disegala sektor.

Acara dihadiri Oleh Mentri Kominfo RI, Rudiantara S.Stat. MBA, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Kominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti, MSi, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Tengah, Ir.o Herson B.Aden, M.Si, Kepala Unsur Perangkat Daerah Kabupaten, mahasiswa, wartawan, Blogger, Media cetak serta tamu undangan lainnya.(Diskominfosandi)

Belum ada komentar

Form Komentar